14.8 C
New York
Selasa, Mei 21, 2024

Buy now

spot_img

DPRD Kota Metro Fasilitasi Masyarakat Terkait Penanda Tanganan MOU TPAS Karang Rejo Metro Utara

Galaxsinews.com, Metro- Masyarakat terdampak TPAS di kelurahan Karang Rejo Metro utara hari ini hadir dalam penanda tanganan MOU terkait warga yang terdampak TPAS, kamis (8/6/23) di kantor DPRD Kota Metro.

Masyarakat yang hadir dalam penanda tanganan MOU di wakili oleh tujuh orang pamong dan letua LPM Karang rejo.kedatangan mereka di terima oleh Ketua DPRD Kota Metro Tondi Muammar Ghadafi, Sekretaris Daerah Ir Bangkit Haryo Utomo dan beberapa OPD terkait.

Saat di konfirmasi Tondi mengatakan, hari ini kita lakukan kesepakatan bersama masyarakat yang terdampak TPAS di Metro Utara, jadi perspektifnya kami tidak membahas soal kompensasi, karena kalau kita bicara kompensasi itu harus ada dulu pembuktian dari dampak lingkungannya.

Selama inikan kita belum pernah melakukan Uji Lab atau uji apapun yang menyebabkan itu terdampak negatif pada lingkungan. Akan tetapi, itukan di rasakan pengaruhnya oleh masyarakat dari udara, lalat dan lain-lain. Oleh karena itu kami menganggap ini adalah kebutuhan mendesak.pada warga. Jadi untuk tahap awal ini warga sekitar akan di berikan fasilitas kesehatan, kemudahan-kemudahan, pelayanan kesehatan, sepèrti vitamin, pemeriksaan kesehatan secara rutin. untuk pengelolaan sampah termasuk pengelolaan sampah yang lebih modern. Dan masyarakatpun mendukung proses AMDAL.

Jadi sesuai dengan Perda pemerintah bisa mengelola keuangan negara itu ada dasarnya bahwa memang TPAS tersebut berdampak pada masyarakat. Maka sesuai dengan Perda, pemerintah berkewajiban unruk memberikan kompensasi. Karena yang sudah dapat di pastikan nyata itu bau. Jadi pemerintah juga dalam menggunakan uang negara ada dasarnya. Jelas tondi.

Sementara Eko Wiyanto Ketua LPM Karang Rejo mengucapkan terima kasih karena Ketua DPRD sebagai wakil kami masyarakat mau memfasilitasi masyarakatnya untuk melakukan kesepakatan bersama pemerintah Kota Metro. Terima kasih buat pak Tondi yang sudah mau memfasilitasi kami terkait kesepakatan TPAS dan masyarakat terdampak dari TPAS. Kami berharap kedepan pemerintah Kota Metro dapat memberikan kami kepercayaan dengan memenuhi apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama tadi.

Dengan kesepakatan yang sudah kami tanda tangani adalah sebagai salah satu bentuk hadiah ulang tahun Kota Metro yang ke-86 dari kami. Dan kami atas nama masyarakat juga akan melaksanakan uji LAB secara mandiri dengan swadaya masyarakat. Uji LAB mandiri adalah sebagai bahan perbandingan untuk pemerintah Kota Metro, agar dapat menjadi keadilan bagi masyarakat terdampak sampah. Kenapa kami akan melakukan Uji LAB mandiri?  Karena selama ini pemerintah metro tidak pernah ada inisiatif untuk memperhatikan bagaimana kondisi kami di sini selama ini Jelas Eko. (ADV)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles