14.8 C
New York
Selasa, Mei 21, 2024

Buy now

spot_img

PJ Bupati dan Ketua DPRD Panen Cabe Rawit bersama Petani

Galaxsinews.com,Lampung Barat–Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman M.M bersama ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Edi Novial, S.Kom melakukan peninjauan sekaligus panen raya cabai rawit merah bersama petani Kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu, Selasa (1/8/2023).

Sebelum melakukan panen cabai di lahan kurang lebih 5 setengah ratai milik bapak Sutarman Pekon Sindang Pagar Kecamatan Sumber Jaya. Pj Bupati Lampung Barat menyerahkan secara simbolis 750 bungkus benih cabai rawit dan 750 botol pupuk organik cair yang diperuntukan untuk 31 kelompok tani Kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu.

Dengan harapan menjadi stimulus dan penyemangat bagi petani dalam membudidayakan cabai rawit.

Dirinya menjelaskan, dengan ketinggian 50 hingga 1000 Meter Di atas Permukaan Laut (MDPL) menjadikan Kabupaten Lampung Barat memiliki morfologi yang beragam mulai dari dataran rendah sampai dengan perbukitan.

“Kondisi iklim basah Kabupaten Lampung Barat menjadikan daerah yang cocok ditanami berbagai komoditas pertanian,” Sebutnya.

Lampung Barat menjadi salah satu produsen berbagai jenis komoditas pertanian khususnya holtikultura (sayuran, buah dan biofarmaka) yang dipasok ke dalam maupun luar Provinsi Lampung.

Oleh karena itu, Pj. Bupati Lampung Barat sembari memetik cabai merah, dirinya mengatakan bahwa tanaman cabai merah yang ada di Pekon Sindang Pagar tersebut diharapkan sebagai percontohan yang bisa ditiru oleh masyarakat Lampung Barat agar bisa melakukan penanaman Hortikultura dengan cara yang efektif.

“Kita hari ini melakukan panen raya cabai merah, dan ini hasilnya sudah lumayan, mudah-mudahan hasilnya dapat menopang kesejahteraan masyarakat,” Sebutnya.

Terakhir, ia berpesan kepada petani yang berada di Lampung Barat agar harus bersatu padu dan tolong menolong dengan harapan menjadi petani yang tangguh dan maju sehingga terciptanya kesejateraan bagi masyarakat.

“Harapan Pemerintah agar kita selaku petani Lampung Barat harus bersatu padu dan tolong menolong sehingga kita menjadi petani yang tangguh dan maju,” Pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang turut dihadiri sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Peratin tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui dinas ketahananan pangan dan holtikultura memberi penyuluhan terhadap petani Kecamatan Sumber Jaya dan Kebun Tebu agar pengetahuan, keterampilan maupun sikap petani menjadi lebih baik dalam mengelola usaha tani guna meningkatkan kesejahteraan.
(DIKA)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles