21.4 C
New York
Senin, Mei 27, 2024

Buy now

spot_img

Tidak Sesuai, Anggaran Pengadaan Pakaian Dinas PDL Sat Pol PP Kota Metro Diduga Di Markup

Kota Metro, Galaxsinews.com – Pengadaan pakaian seragam untuk 357 personil Satuan Polisi Pamong Praja Kota Metro T.A 2023 terindikasi korupsi. Diduga adanya markup pada anggaran belanja.

Dari data dan laporan yang didapati oleh GalaxiNews.com, pembelian pakaian seragam PDL, sepatu PDL diduga tidak sesuai dengan Standar Satuan Harga (SSH). Selain itu, adanya dugaan fiktif pengadaan kaos yang belum diterima oleh personil, namun anggaran telah lebih dulu dibayarkan.

Selaku rekanan pelaksana dalam Sub. Kegiatan Pengadaan Pakaian Dinas Lapangan Beserta Atribut dan Kelengkapannya, yakni CV. METRO GEMILANG, dan CV. DEWI RATU dengan total Rp. 435.510.000,-.

” Harga penawaran untuk seragam itu Rp. 645.000 x 357 personil, Sepatu PDL Rp. 495.000 x 357, Kaos Rp.84.000 x 357. Sekarang liat hasil barang yang dibelanjakan, dari seragam, sepatu itu tidak sesuai, dicurigai adanya markup disini. Kemudian untuk kaos sendiri itu kan belum ada yang dibagikan, tapi kenapa anggaranya sudah duluan dicairkan ? ” Ujar sumber kepada GalaxiNews.com, Sabtu 26 Agustus 2023.

Selaku Pejabat Pengadaan Barang/Jasa (PBJ), Sus Nugroho, ketika dikonfirmasi menjelaskan, berkenaan dengan kegiatan tersebut, PBJ hanya menangani nilai paket dibawah Rp. 200 juta, sedangkan untuk nilai paket diatas Rp.200 juta itu ada di Pengguna Anggaran (PA). Hal tersebut berdasarkan dengan Keputusan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Katalog Elektronik.

” Yang ada di PBJ itu hanya anggaran pembelian Sepatu, jika nilai dibawah 200 itu ada di PBJ. Kalau sudah diatas 200 itu semua di PA nya ” Jelasnya.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Metro, Jose Sarmento, dikonfirmasi mengatakan, untuk persoalan tersebut agar berhubungan langsung dengan kasubag keuangan dan pejabat PBJ .

” Nanti tanyakan sama ibu kasubag saja dan pejabat pengadaan barang dan jasa ” kata Jose.(Red/Rio)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles