14.8 C
New York
Selasa, Mei 21, 2024

Buy now

spot_img

Peltu Dilly S : Media Center Merupakan Kolaborasi dari Penerangan Kodim 0411/KM Bersama Jurnalis

Galaxsinews.com, Metro- Menindak lanjuti Perintah Lisan Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P., para Babinsa Koramil jajaran Kodim 0411/KM menerima pembelajaran cara mengambil dokumentasi baik berupa foto dan video pada setiap kegiatan di wilayah binaan serta tata cara penulisan laporan satuan koramil, bertempat di Aula Pamungkas Kodim 0411/KM Jalan Veteran No. 53 Kelurahan Hadimulyo Barat Kota Metro. Rabu (13/09/2023)

Selaku yang tertua di Media Center Kodim 0411/KM, Peltu Dilly S. menjelaskan bahwa fungsi Media Center di Kodim 0411/KM adalah untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Penerangan Korem 043/Gatam di dalam mentransformasikan informasi penerangan TNI, TNI AD dan Kodam II/Sriwijaya, baik kedalam maupun keluar Satuan.

Disamping itu, Media Center juga sebagai wahana pelayanan informasi terkait dengan kebijakan-kebijakan Pimpinan TNI, TNI AD, Kodam II/Swj serta Korem 043/Gatam yang berbasiskan tekhnologi informasi dan komunikasi serta tempat berkumpulnya mitra kerja berbagai kalangan media massa, baik elektronik, cetak maupun online dalam rangka penyerapan maupun penyebaran informasi kegiatan satuan Kodim 0411/KM.

Dengan demikian, Media Center merupakan kolaborasi dari Penerangan Kodim 0411/KM bersama para jurnalis dan wartawan, sebagai tempat berkomunikasi dan bertukar informasi, baik dari Kodim 0411/KM ke Mitra MC ataupun sebaliknya, dengan tujuan memperkokoh sinergitas secara bersama-sama untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Untuk itu diperlukan adanya pembinaan kepada para Babinsa, yang mana Babinsa adalah kontributor utama yang langsung berhubungan dengan masyarakat dan kegiatan di wilayah binaan. Dengan memanfaatkan kemajuan tehnologi yang saat ini sudah dipermudah melalui jaringan internet, maka para Babinsa yang berada di wilayah saat melaksanakan kegiatan bisa langsung mentransfer informasi kepada Media Center yang selanjutnya akan diubah menjadi sebuah rangkaian pemberitaan yang bernama rilis.

“Disinilah letak kesuksesan dari sebuah pemberitaan, yaitu dimana para Babinsa bisa melaporkan secara utuh unsur-unsur yang termuat dalam sebuah kegiatan, dalam bahasa keseharian prajurit yakni Siabidibame atau siapa, apa, bilamana, dimana bagamana dan mengapa, di kalangan para jurnalis dan wartawan, istilah ini populer disebut 5 W 1 H, yaitu What : Apa yang terjadi?, Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?, Why : Mengapa hal itu bisa terjadi?, When : Kapan peristiwa itu terjadi?, Where : Di mana peristiwa itu terjadi? dan How : Bagaimana peristiwa itu terjadi?” jelas Peltu Dilly S.

“Dengan memenuhi semua unsur 5 W 1 H, maka pokok informasi dalam penulisan berita akan jauh lebih lengkap,” lanjutnya.

Setelah itu para Babinsa mendapatkan pelajaran materi dan praktek cara pengambilan Angle, yakni sebuah metode dalam pengambilan foto/video yang menekankan posisi kamera pada situasi tertentu dalam membidik objek, sehingga akan menghasilkan foto/vodeo yang berbeda-beda pada sudut pandangnya. (Rls)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles