23.9 C
New York
Selasa, Mei 28, 2024

Buy now

spot_img

Bangun Jalan Usaha Tani, Sebagai Program Prioritas Pembangunan Pekon Suka Maju Kecamatan Ulubelu Tahun 2023

Galaxsinews.com, Ulubelu – Upaya Pemerintah Pekon Suka Maju Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus dalam meningkatkan hasil pertanian dan peningkatan pendapatan para petani dengan membangun jalan usaha tani, jalan yang dibangun dengan lebar sekitar 4 meter dan Panjang 500 Meter Di setiap titik Selasa (12/12/2023).

Sedangkan 7 titik ialah ;
1. Dusun Tegal Rejo
2. Dusun Tegal rejo
3. Dusun Tegal Rejo – Labu kombong
4. Dusun Tegal Rejo Suka Damai
5.Dusun Suka Damai – Ngarip
6.Dusun Labu Kombong RT 003 (Ngadi Luwih)
7.Dusun Sumber Rohmat
baru dikerjakan 3 titik Menggunakan sumber anggaran dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023.

Kepala Pekon Suka Maju menjelaskan untuk Program pembukaan jalan usaha tani tersebut adalah upaya menjawab kebutuhan masyarakat yang mayoritas hidup dari bercocok tanam atau sebagai petani dan pekebun, dimana jalan tersebut dimanfaatkan warga/petani untuk mengangkut hasil perkebunan seperti Buah Kopi.

“Sebab selama ini yang menjadi keluhan masyarakat adalah jalan ke lokasi perkebunan yang tidak bisa dijangkau kendaraan roda empat, sehingga sangat sulit mengangkut hasil pertanian yang merupakan sumber pendapatan dari para petani, hal inilah yang mendorong Pemerintahan Kampung sehingga pada Musyawarah Kampung menjadi skala prioritas pembangunan jalan usaha tani, yang dibuka menuju ke lokasi perkebunan sampai terhubung dengan jalan poros,” ujar Preyit.

Kepala Pekon Suka Maju mengatakan akan memaksimalkan penggunaan DD sesuai skala prioritas. “Sesuai anggaran pendapatan dan belanja Pekon Suka Maju tahun 2023 maka alokasi tahap 3 diarahkan pada pembukaan badan jalan usaha tani. Hal ini ditujukan untuk membuka akses produktivitas pertanian yang akses jalan utama belum bisa dilalui kendaraan roda empat,” katanya.

Pembukaan badan jalan usaha tani, kata Prayit dilakukan bersama warga secara swakelola. “Kita kerjakan sama-sama dengan warga. Diharapkan setelah selesainya pekerjaan ini, petani tidak lagi mengalami kesulitan ketika akan mengeluarkan hasil-hasil pertanian,”ungkap Prayet selaku Kakon Suka Maju.

Sekali lagi pembangunan jalan tersebut berdampak langsung ke perekonomian masyarakat di Suka Maju Kecamatan Ulubelu . Menurutnya, masyarakat membutuhkan infrastruktur jalan untuk pengangkutan hasil pertanian.

“Dengan adanya jalan usaha tani tersebut pengangkutan hasil panen pertanian dan perkebunan warga tidak terkendala karena sudah didukung Jalan Usaha Tani yang memadai,” Ucap Prayit

Selain itu juga setiap kegiatan pembangunan fisik, yang ikut serta masyarakat beserta aparatur pekon dan kepala Pekon juga tak mau ketinggalan.

Waktu yang sama salah satu warga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Pekon Suka Maju Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus yang mana dengan ada nya Pembukaan Badan Jalan Usaha Tani, Bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut bisa memperlancar pengakutan hasil bumi dan kedepan nya mudahan mudahan pekon kami bisa lebih maju sesuai dengan nama nya suka maju” Ujar nya.( Kurdianto)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles