14.8 C
New York
Selasa, Mei 21, 2024

Buy now

spot_img

SK Pokdarwis Way Lalaan Diserahkan Langsung Oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan

Galaxsinews.Com,Tanggamus- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyerahkan SK Kelompok Sadar Wisata di wisata way lalaan. Kamis, 28 Desember 2023.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Pekon Kampung Baru Kecamatan Kota Agung Timur sudah terbentuk, pembentukan Pokdarwis dilakukan oleh pemerintah Pekon Kampung Baru dikarenakan Pokdarwis sebelumnya sudah habis masa berlakunya.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Drs. Suyanto, M.M. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Tanggamus, Perwakilan Pemerintah Pekon Kampung Baru dan Adi Putra Amril, S.H. Ketua Yayasan Penelitian Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat (YPPKM).

Suyanto dalam sambutannya berharap dengan dibentuknya Pokdarwis di Pekon Kampung Baru bisa mendorong terjadi perubahan tata kelola dan pembenahan di lokasi wisata air terjun Way Lalaan. Hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan ke asal dalam hal pengelolaan wisata air terjun way lalaan yang selama ini mengalami stagnan atau kurang berkembang.

Zulkhofar sebagau perwakilan Pemerintah Pekon Kampung Baru dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus karena sudah mendorong terbentuknya pokdarwis di Pekon Kampung Baru, dengan adanya re organisasi Pokdarwis bisa mendorong tata kelola wisata air terjun way lalaan dikelola oleh masyarakat dan pemerintah Pekon Kampung Baru.

Hendri Muslim selaku Ketua Pokdarwis yang baru dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Pekon Kampung Baru, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus dan semua pihak yang telah mendorong re organisasi Pokdarwis Pekon Kampung Baru. Hendri meminta seluruh pengurus Pokdarwis saling bahu membahu, saling mengisi dan saling mengingatkan agar Wisata Air Terjun Way Lalaan ramai dan menjadi pusat pendorong ekonomi bagi masyarakat Pekon Kampung Baru.

Adi Putra Amril, menyambut baik dan mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus yang telah mengesahkan Pokdarwis Pekon Kampung Baru Kecamatan Kota Agung Timur. Dengan adanya re organisasi Pokdarwis, maka akan terjadi perubahan dalam tata kelola dan manajemen pengelolaan Wisata Air Terjun Way Lalaan. Sehingga bisa mendorong ekonomi masyarakat sekitarnya.
Adi Putra Amril juga meminta kepada seluruh Sumber Daya Manusia yang ada dan media membantu melakukan promosi agar kunjungan ke Wisata Air Terjun Way Lalaan semakin ramai pengunjung dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar.

Perlu diketahui, semenjak peralihan pengelolaan dan melibatkan pihak lain dalam manajemen pengelolaan Wisata Air Terjun Way Lalaan tidak mengalami perkembangan bahkan seakan-akan seperti daerah yang tidak ada kunjungan, pemasukan PAD air terjun Way Lalaan tidak lebih dari 150 juta per tahun, tetapi pengeluaran untuk pihak ketiga sebanyak 115 jt per tahun. Secara pendekatan bisnis hal tersebut merugikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Dengan adanya Pokdarwis akan menjadi garda terdepan dalam pengelolaan Wisata Air Terjun Way Lalaan. (Kurdi)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles