14.8 C
New York
Selasa, Mei 21, 2024

Buy now

spot_img

Penyelenggara Jalan yang tidak Memperbaiki Jalan yang Rusak Bisa Di Pidanakan

Galaxsinews.com, Metro- Jalan yang berlubang di Kota Metro akhirnya memakan korban, salah seorang warga Kota Metro semalam terjungkal akibat masuk ke dalam lubang menganga yang ada di jalan AR Prawira Negara kecamatan Metro Pusat.

Ridho seorang pelajar yang ada di Kota Metro semalam menjadi korban karena lubang di jalan yang tidak terlihat di karenakan keadaan gelap. Hal tersebut di sampaikan ridho pada Selasa di kediamannya. ” Ketika saya lewat depan Kantor Bulog saya gak ngeliat ada lubang di jalan. Saya coba menghindar tapi malah jatuh di lubang itu kata ridho.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dalam Pasal 24 Ayat

(1) Penyelenggara Jalan Wajib dan Patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas

(2) Dalam hal belum dapat dilakukan perbaikan jalan yang rusak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) penyelenggara jalan wajib memberi tanda atau rambu pada jalan yang rusak untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Untuk Ketentuan Pidana itu Tertuang DALAM BAB XX Pasal 273 Ayat

(1) Setiap Penyelenggara Jalan yang tidak dengan Segera dan Patut memperbaiki jalan yang rusak yang mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas sebagaimana di maksud pada pasal 24 Ayat (1) sehingga menimbulkan korban luka ringan dan/atau kerusakan kendaraan dan/atau barang dipidana dengan penjara paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp 12.000.000.00 ( dua belas juta rupiah)

Dalam hal ini seharusnya pemerintah Kota Metro dapat lebih fokus lagi untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak yang ada di wilayahnya. Seharusnya mana jalan yang rusak dapat di ketahui oleh leading sektor terkait agar dapat segera di perbaiki sebelum memakan korban lebih banyak lagi. Apalagi di instansi terkait ada anggaran rutin pemeliharaan jalan yang sudah di siapkan di setiap tahun anggaran untuk memperbaiki jalan- jalan yang rusak. (Nia)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles