23.1 C
New York
Minggu, Mei 26, 2024

Buy now

spot_img

Pelantikan KPPS di Pekon Bakhu Berlangsung Khidmat

Galaklxsinews.com,Lampung Barat–Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Ketua dan anggota KPPS Pekon Bakhu untuk Pemilu 2024 mendatang berlangsung khidmat, yang di puasatkan di balai pekon setempat. Kamis 25 Januari 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPPS Pekon Bakhu, ketua dan anggota PPS dan ketua PPK yang di wakili oleh Danial Anggota PPK Divisi Teknis Penyelenggara dan Humas Danial serta PKD (panwas kelurahan desa) Pekon Bakhu Rediyanto.

Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah oleh Ketua PPS Pekon Bakhu Lekat Azian, yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

Dalam pelantikan tersebut yang mendapat mandat sebagai ketua KPPS 1 Pekon Bakhu yakni. Azwan, sedangkan KPPS 2 Tatahya Zuraina, KPPS 3 Jarmanto, KPPS 4 Darmawan, KPPS 5 Agus Setiawan, KPPS 6 Fajrin, KPPS 7 Pauzan AD, dan KPPS 8 Sarif Akmal.

KPPS adalah Kelompok yang dibentuk oleh PPS atas nama KPU/ Kabupaten/ Kota untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Sedangkan tugasnya adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS salah satunya adalah dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih menggunakan hak pilih, memberikan Akses dan layanan kepada Pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

Dalam sambutan Ketua PPS Pekon Bakhu Lekat Azian, mengatakan selamat kepada rekan-rekan KPPS yang baru saja di lantik.

Selanjutnya Lekat Azian, berpesan kepada seluruh ketua dan anggota KPPS Pekon Bakhu Harus berkerja dengan penuh tanggung jawab, profesional serta menjaga netralitas.

“Kita semua tentu memiliki pilihan masing-masing dalam pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang, namun kami meminta bapak ibu semuanya bisa saling menjaga netralitas sebagai Ketua dan Anggota KPPS Pekon Bakhu ,” pesan Lekat Azian.

Dalam kesempatan yang sama ketua panitia pemilihan kecamatan ( PPK ) yang di wakili oleh Anggota PPK Divisi Teknis Penyelenggara dan Humas Danial, memberikan penjelasan dan sedikit gambaran mengenai seluk beluk tugas KPPS, serta tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara.

“Penjelasan ini sangat penting bagi ketua dan anggota KPPS terutama mengenai kriteria sah dan tidaknya surat suara berdasarkan peraturan yang berlaku sekarang, karena ini yang krusial dan paling penting. Juga materi tentang siapa saja yang dapat didampingi saat prosesi pencoblosan berlangsung, karena tidak semua orang mampu untuk mencoblos langsung terutama bagi mereka yang Lanjut usia ( Lansia ),” Jelas Danial

Rencananya KPPS yang baru saja di Lantik hari Jum’at 26 Januari menggelar bimtek yang lebih dalam mengenai tupoksi KPPS serta hal-hal yang teknis mengenai pemungutan suara. Bimtek akan difasilitasi materi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan PPK,”Terang Danial.

Selanjut dilakuakan prosesi foto bersama dan penanaman pohon.

( DIKA )

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles