21.4 C
New York
Senin, Mei 27, 2024

Buy now

spot_img

187 Siswa-siswi SMA Ikut Seleksi Paskibra Tingkat Kabupaten dan Provinsi

Galaxsinews.com,Lampung Barat–Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M diwakili Asisten III bidang administrasi umum Drs. Ismet Inoni M.M menjadi pembina upacara pembukaan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024.

Upacara berlangsung di Gor Ajisaka Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Jum,’at (01/03).

Seleksi Paskibraka yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 187 siswa-siswi perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Lampung Barat.

Dalam amanatnya, Ismet Inoni menjelaskan peserta Paskibraka yang mengikuti seleksi tersebut nantinya akan ditugaskan di tingkat Kabupaten Lampung Barat dan tingkat Provinsi Lampung.

“Kegiatan ini bertujuan membentuk Paskibraka yang nantinya diharapkan mampu menjadi pengibar bendera sang saka merah putih pada hari kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024 mendatang,” kata dia.

Menurutnya, Paskibraka sebagai salah satu bentuk program kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila merupakan wadah dalam membentuk penerus perjuangan bangsa.

“Calon pemimpin bangsa yang memiliki karakteristik jiwa semangat Pancasila dan Undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945,” lanjutnya.

Ia berharap Paskibraka juga menjadi wadah untuk menanamkan serta menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme.

“Diharapkan mampu menciptakan agen perubahan dalam melestarikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

Dirinya berpesan dalam mengikuti tahapan seleksi agar pada peserta dapat mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh.

“Saya berharap para peserta sudah menyiapkan diri baik secara fisik maupun mental. Bersungguh-sunguh, serius dalam berkompetisi, menampilkan bakat dan performa terbaik dalam setiap taiapan seleksi sehingga akan dihasilkan Paskibraka terbaik,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lampung Barat Burlianto Eka Putra S.H menjelaskan dari 187 peserta nantinya yang akan terpilih 50 siswa.

“Dari 187 peserta ini nantinya akan dipilih 50 siswa terbaik 26 orang laki-laki dan 24 perempuan. Dan 10 peserta akan menjadi peserta cadangan,” tuturnya.

Selain sebagai pengibar bendara merah putih di Kabupaten Lampung Barat pada Hari Ulang ke-79 Republik Indonesia nanti mereka juga akan diseleksi kembali untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lampung,” pungkasnya.

( DIKA )

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles