14.8 C
New York
Selasa, Mei 21, 2024

Buy now

spot_img

Upacara Penutupan TMMD ke – 119 Kodim 0426/TB TA 2024 di Kabupaten Mesuji

Galaxsinews.com, Mesuji – Rabu 20 Maret 2024 pukul 09.00 WIB bertempat di lapangan Balai Desa Sungai Badak Kec. Mesuji Kab. Mesuji telah dilaksanakan kegiatan Upacara penutupan TMMD ke – 119 Kodim 0426/TB TA 2024 dengan tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” dengan Inspektur upacara Danrem 043/Gatam (Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E), Perwira upacara Danunit Inteldim 0426/TB (Letda Inf Asrel) dan Komandan upacara PA Sandi Dim 0426/TB (Letda Inf Sudirman) yang di hadiri sekitar 250 orang.

B. Rombongan dari Korem 043/Gatam sbb :
1. Danrem 043/Gatam (Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E)
2. Kasi Intelrem 043/Gatam (Kolonel Arm Agung Nugroho, S.Sos)
3. Kasi Renprogar Rem 043/Gatam (Kolonel Inf. Bambang Semiana)

C. Hadir dalam kegiatan sbb :
1. PJ Bupati Mesuji (Dr. Drs. Sulpakar M.M)
2. Kajari Kab. Mesuji (Azy Tyarawhardana, S.H., M.H.)
3. Kapolres Mesuji (AKBP Ade Hermanto, SH., S.I.K., CPHR)
4. Dandim 0426/TB (Letkol Kav. Delvy Marico, S.E., M.I.P.)
5. Lanud Pang. M. Bunyamin Tuba (Lettu POM Arif. R)
6. Sekda Kab. Mesuji (Syamsudin, S. Sos.)
7. Dandenkesyah 02.04.03 Lampung (Letkol Ckm Syahrial, SKM., M.Kes.)
8. Batalyon Inf 143/TWEJ (Lettu Inf Eko Gondo)
9. Dansub Denpom Persiapan Tuba (Peltu A Yani)
10. Danramil 426-01/SP (Mayor Inf Sutoto)
11. Pasi Ter Kodim 0426/TB (Kapten Inf Sutio)
12. Para Asisten Sekda Kab. Mesuji
13. Para Kadis Pemkab. Mesuji
14. Para Kaban Pemkab. Mesuji
15. Camat Mesuji (Dodi Atmajaya Ulma, S.Sos.)
16. Kades Sungai Badak (Anita Yana)
17. Para Todat,Toga dan Tomas
18. Para Masyarakat Desa Sungai Badak
19. Para Tamu Undangan

D. Susunan personel upacara sbb :
1. Korsik : 1 SSR
2. Kodim 0426/TB : 2 SST
3. Yonif 143/TWEJ : 1SST
4. Yonzipur 2/SG : 2 SSR
5. Lanud Pangeran M. Bun Yamin : 1 SSR
6. Lanal Lampung : 1 SSR
7. Polres Mesuji : 2 SSR
8. Pol PP Kab. Mesuji : 2 SSR
9. Damkar Kab. Mesuji : 2 SSR
10. Dishub Mesuji : 2 SSR
11. Linmas : 5 SSR

E. Rangkaian kegiatan sbb :
1. Pada pukul 10.00 WIB Danrem 043/Gatam beserta rombongan tiba di pintu gerbang balai Desa Sungai Badak Kec. Mesuji Kab. Mesuji menerima pengalungan selendang dari PJ Bupati Mesuji selanjutnya disambut Dandim dan forkopimda
2. Pada pukul 10.05 WIB Danrem 043/Gatam beserta rombongan
Menuju ruang paparan
3. Pada pukul 10.30 WIB Danrem 043/Gatam beserta rombongan menuju Lapangan Upacara, selanjutnya Danrem 043/Gatam melaksanakan penutupan TMMD ke-119 Kodim 0426/TB Ta. 2024 dengan susunan acara sbb :
a. Komandan upacara memasuki lapangan upacara
b. Laporan perwira upacara kepada inspektur upacara
c. Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara
d. Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan
e. Laporan hasil pekerjaan TMMD Ke-119 TA 2024 oleh Dandim 0426/TB yang intinya :


– Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa petama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME karena atas rahmat dan karunianya kita masih diberi kekuatan dan kesehatan lahir maupun batin sehingga kita semua dapat berkumpul dalam rangka acara pembukaan TMMD ke-119 TA 2024 dalam keadaan sehat wal afiat
– Melaporkan hasil pelaksanaan TMMD ke 119 Kodim 0426/TB TA 2024, kegiatan dilaksanakan berdasarkan UU RI No 34 TH 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2 Tugas Pokok TNI dalam operasi militer selain perang butir B No 8 membantu tugas Pemerintah Daerah
– TNI manunggal membangun desa bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik
– Adapun waktu pelaksanaan tanggal 20 Februari s/d 20 Maret 2024 yang bertempat di Desa Sungai Badak Kec. Mesuji Kab. Mesuji dengan sasaran fisik yaitu jalan penghubung antar desa sepanjang 1122 M lebar 6 M, jembatan berukuran 6 x 5 M dan sumur bor
– Dalam rangka mendukung kegiatan TMMD ke 119 Kodim 0426/TB melibatkan personil TNI sebanyak 150 Pers dan masyarakat sebanyak 100 orang/hari dengan anggaran didukung dari komando atas dan APBD kab. Mesuji
f. Penanggalan tanda peserta oleh Inspektur Upacara
g. Penandatanganan naskah serah terima dan prasasti hasil pekerjaan TMMD Ke-119 TA. 2024 di Desa Sungai Badak Kec. Mesuji Kab. Mesuji.
h. Amanat Inspektur Upacara dilanjutkan dengan Pernyataan
secara resmi penutupan TMMD Ke-119 TA 2024 di Desa Sungai
Badak Kec. Mesuji Kab. Mesuji yang intinya :
– Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu Wa ta’ala Tuhan yang Maha kuasa karena atas limpahan rahmat dan karunianya kita dapat melaksanakan upacara penutupan TNI manunggal membangun desa ke-119 tahun ajaran 2024 di wilayah Kodam II/Sriwijaya dalam keadaan sehat walafiat
– Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 5 kabupaten yaitu kabupaten Mukomuko wilayah korem 041/Gamas, Kabupaten Lampung Tengah dan kabupaten Mesuji wilayah korem 043/Gatam kabupaten Musi Banyuasin wilayah korem 044/Gapo dan kabupaten Bangka Selatan wilayah korem 045/Gaya
– Sebagaimana kita ketahui bersama program TNI manunggal membangun desa ke-119 Ta. 2024 merupakan program yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membantu pemerintah daerah guna mempercepat akselerisasi pembangunan di daerah, terutama membangun infrastruktur untuk membuka daerah yang terisolir dan tertinggal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk kepentingan pertahanan dan tetap terpeliharanya manunggalan TNI rakyat hal ini selaras dengan tema yang diangkat pada tmmd ke-119 tahun 2024 ini yaitu “dharma bakti TMMD mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah ”
– Kita patut berbangga program TNI manunggal membangun desa di wilayah Sumatera bagian Selatan dari tahun ke tahun menunjukkan hasil yang memuaskan kegiatan tmmd yang dilaksanakan selama satu bulan, mulai tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024, hasilnya kian dirasakan manfaatnya oleh masyarakat berbagai hasil pembangunan sarana fisik dan non fisik secara umum telah mendorong perkembangan Desa, semua pencapaian ini tentunya karena adanya dukungan dari pemerintah provinsi dan kabupaten serta segenap elemen masyarakat.
– Keberhasilan ini merupakan cermin suatu sikap dan keinginan yang besar dari kita semua untuk senantiasa ingin memberikan dan berbuat yang terbaik dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam segala segi kehidupan oleh karena itu pengendali kegiatan operasional dalam kurung PKO tmmd saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati serta kabupaten, kepolisian instansi kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan pmmd ke-119 tahun 2024 ini.
– Sebagaimana kita pahami bersama bahwa nilai utama yang ingin di tumbuh kembangkan dalam setiap penyelenggaraan tmmd, adalah terwujudnya ikatan manunggalan antara TNI dengan segenap jajaran pemerintah daerah di semua tingkatan serta dengan semua lapisan masyarakat untuk saling bahu-membahu dan bergotong-royong membangun kehidupan sosial yang berkualitas sehingga bermuara pada terciptanya stabilitas keamanan daerah yang mantap sebagaimana yang kita cita-citakan bersama.


– Pada setiap kegiatan TMMD kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah dan cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan. Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan kesejahteraan masyarakat.
– Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari penanggalan TNI dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara kemenunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan Nasional yang kokoh.
– Pesan dengan telah berakhirnya tmmd ke-119 ini, khususnya kepada anggota satgas tmmd dan segenap masyarakat sebagai berikut:
1). Pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan tni- polri-rakyat jangan mudah terprovokasi oleh pihak manapun yang bertujuan untuk merusak persatuan dan kesatuan bangsa.
2). Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli budaya bangsa kita.
3). Pelihara hasil-hasil program tmmd ke-119 ini dengan sebaik-baiknya, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama.
– Selanjutnya, mewakili seluruh prajurit dan satgas tmmd ke-119 saya mohon maaf apabila selama pelaksanaan ada tingkah laku dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat.(ADV)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles