27 C
New York
Minggu, Mei 26, 2024

Buy now

spot_img

Pemkab Lambar Gelar Gerakan Pangan Murah di BNS dan Suoh

Galaxsinews.com,Lampung Barat–Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., meyerahkan bahan pokok pangan murah kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Jumat (22/3/2024).

Penyerahan bahan pokok pangan murah itu berlangsung di Balai Pekon Suoh, Kecamatan BNS dan dihadiri Ketua TP-PKK Lampung Barat Ny. Zelda Naturi Nukman, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat, Peratin serta masyarakat setempat.

Perlu diketahui, Gerakan Pangan Murah (GPM) ini dilakukan Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini Bulog yang merupakan gerakan program Nasional.

Dalam kegiatan ini, masyarakat dapat membeli berbagai kebutuhan bahan pokok pangan dengan tebus harga jauh lebih murah dari harga normal di pasaran dengan mengusung komoditas beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu.

Komoditas GPM yang disediakan Pemkab Lampung Barat untuk masyarakat di Kecamatan BNS berupa 8 ton beras, 250 Kg gula pasir, 720 botol minyak goreng dan 200 Kg tepung terigu.

Sementara untuk harga, masyarakat menebus harga beras medium hanya seharga Rp.54.000,- per 5 kg, gula pasir merk PSM Rp.16.000 per kg, minyak goreng merk risky Rp.14.000,-per botol dan tepung terigu merk sania Rp.12.000,- per kg.

Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman, MM mengatakan Gerakan Pangan Murah sebagai wujud komitmen dan perhatian pemerintah untuk membantu serta meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah tetapi berkualitas.

Karena tidak dipungkiri, lanjut Nukman, setiap memasuki Bulan Suci Ramadhan bahan pokok pangan biasanya mengalami lonjakan harga di tengah-tengah masyarakat sehingga beresiko terjadinya inflasi.

Dampak dari inflasi tersebut tentunya sangat membebani kemampuan keuangan rumah tangga, sehingga menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu.

“Tentu, selaku Pemerintah Daerah harus bertindak dan bergerak cepat dengan melakukan gerakan pangan murah atau yang dikenal dengan GPM ini,” kata Nukman.

“Dengan maksud, agar masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar namun berkualitas,” tambahnya.

Selain itu, kata Nukman, apa yang telah dilakukan tersebut merupakan salah satu dari komitmennya selaku Pj. Bupati Lampung Barat melalui strategi membangun kekuatan ekonomi masyarakat dalam menghadapi resesi akibat krisis, baik dari aspek produksi, pengelolaan, pemasaran, permodalan dan transaksi keuangan, termasuk penyelenggaraan gerakan pangan murah ini.

“Dengan tujuan untuk menjamin ketersediaan bahan pangan pokok masyarakat, sekaligus sebagai salah satu upaya kita dalam menstabilkan harga bahan pangan pokok di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

( DIKA )

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles